Saturday, July 6, 2013

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog Menggunakan Google Keyword Tools

CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI BLOG

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa hal yang membuat blog anda selalu sepi pengunjung. Itu dikarenakan Anda tidak melakukan persiapan ataupun riset sebelum melakukan blogging. Riset disini sangat penting, karena hubungannya erat sekali dengan masa depan blog kita nantinya. Tujuan dari melakukan riset itu sebenarnya adalah supaya setiap artikel blog yang sudah kita publish selalu mendapatkan pengunjung setiap harinya.

Dalam melakukan riset dalam artikel ini kita akan mencoba mencari kata kunci yang estimasi pencarian perbulannya diatas 300 dan tingkat persaingannya rendah, sehingga jika artikel kita bisa masuk di halaman pertama ( page one ), kemungkinan visitor ( pengunjung ) dari artike itu adalah 300 / 30 x 40% = 4 Orang / hari. Angka 40% adalah estimasi rata- ratanya saja, yang artinya setiap artikel yang kita buat tidak akan sia- sia. J

Tidak usah khawatir jika 4 orang/ hari dalam 1 artikel masih kurang. Jika anda sudah mahir dalam melakukan riset kata kunci, nanti Anda bisa juga menghasilkan pengunjung 50 orang / harinya. Jika minimal sudah ada 50 artikel yang sudah di riset sebelumnya, tinggal dikalikan saja.

Nah, sekarang kita langsung praktek saja bagaimana cara melakukan riset kata kunci.     
2.  Login ke akun Anda terlebih dahulu
3.  Maka akan tampak seperti gambar dibawah ini

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog



4.  Setelah Login, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah settingan berikut ini :

·         Match Type : Pilih “Exact
Supaya hasil estimasi yang ditampilkan adalah hasil estimasi dengan kata kunci yang sama persis sesuai yang ada di list nantinya.
·         Location & Languange : Pilih Indonesia
Silahkan pilih negara lain jika Anda ingin membidik visitor dari Negara lain.
·         Only show ideas closely related to my search terms
Boleh dicentang boleh tidak, jika di centang nanti hasil yang ditampilkan di dalam list hanya kata – kata kunci yang mengandung kata kunci yang kita bidik saja.

Misalnya saya ingin membuat toko online yang menjual jam dan saya ingin mencari keyword ( kata kunci ) apa saja yang berhubungan dengan menjual jam sekaligus kata kunci yang akan mendatangkan banyak visitor ke toko online saya tersebut. Pada artikel ini saya menggunakan kata kunci “Jual Jam”. Maka kita akan mengaturnya seperti gambar dibawah ini :

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog


5. Klik search , maka akan muncul kata kunci yang berhubungan dengan “Jual Jam” . Sekarang klik tab global monthly search, supaya list kata kuncinya diurutkan dari jumlah pencarian terbesar ke kecil.

6. Dari list kata kunci tersebut yang perlu diperhatikan adalah pada kolom competition, ini bukan menunjukan persaingan di search engine tetapi persaingan dari pengiklan. Jika low berarti pengiklan yang memakai kata kunci itu sedikit, jika high berarti pengiklan yang memakai kata kunci tersebut banyak. 

Dari list kata kunci itu, saya tertarik dengan “jam tangan swiss army” karena estimasi jumlah pencarinya 3.600, sebelumnya kita sudah membahas yang kita cari diatas 300, tetapi jika mendapat 3.600 berarti potensinya sangat bagus untuk blog kita. Dan orang yang mencari jam tangan swiss army berarti dia memiliki keinginan untuk membeli, ini yang disebut potensi tinggal kita cek tingkat persaingannya mudah atau sulit.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog


7. Selanjutnya silahkan buka google.co.id ( sesuaikan dengan Negara yang Anda bidik )
Masukan kata kunci “jam tangan swiss army”. Harus pakai tanda petik supaya kelihatan persaingan aslinya.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog

8.  Dari hasil pencarian tersebut di dapatkan hasil “About 3,270,000 results (0.21 seconds)  “
9.  Mari kita cek kembali jumlah persaingan dari sisi jumlah web maupun blog yang benar – benar menggunakan kata kunci “jam tangan swiss army”, caranya silahkan Anda masuk ke page 2 dari hasil pencarian google.co.id tadi.
10.  Cari tulisan di browser start=10& dan silahkan ganti angka 10 dengan 990 lalu tekan enter pada keyboard Anda. Arti dari penambahan kode ini hanya untuk menampilkan semua blog yang berhasil masuk SERP Google. Karena tidak semua yang terindeks akan ditayangkan di Google. Sangat jarang SERP yang melewati 70 halaman. Mari kita lihat hasilnya pada gambar dibawah ini :

Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog


11.  Dari hasil tersebut kita mendapatkan hasil 116, artinya web maupun blog lain yang memakai kata kunci “jam tangan swiss army” sebenarnya hanya 116. Kriteria mudah atau sulit menurut saya seperti ini :
Diatas 500  = Sulit
400-500  = Menengah
200 - 399  = Mudah
Dibawah 200 = Mudah Sekali


Berarti kata kunci “jam tangan swiss army” termasuk kata kunci yang sangat mudah di optimasi karena jumlah persaingannya sedikit. Untuk optimasi kata kunci ini, Anda dapat menjadikannya sebagai nama domain ataupun nama judul artikel nantinya.

KESIMPULAN :

Jadi kesimpulan dari kata kunci ( keyword ) yang bagus untuk di optimasi adalah :

1.       Jumlah estimasi pencarian perbulan diatas 300
2.       Jumlah competitor/ pesaing asli dibawah 500 


Sampai jumpa di artikel selanjutnya tentang teknik SEO dasar


Terima Kasih,
Semoga Bermanfaat.
Title: Cara Melakukan Riset Kata Kunci Blog Menggunakan Google Keyword Tools; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

6 comments:

  1. penampilan toolnya kok sudah berubah y.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, beberapa waktu yang lalu Pihak Google Menggantinya menjadi Google Keyword Planner, makanya tampilannya banyak yang berubah, tetapi fungsinya hampir sama :)

      Delete
  2. Tapi caranya agak beda je. gi mana caranya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya hampir sama mas, hanya beda tampilannya saja.

      Delete
  3. Wah kenapa yah setiap saya coba masuk keyword tool eksternal selalu tidak bisa ?

    ReplyDelete
  4. terima kasih mas atas sarannya, kira-kira keyword yang paling banyak dicari orang tentang apa ya

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda dibawah ini dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun diharapkan jangan melakukan SPAMMING,hindari komentar yang mengandung unsur SARA, KASAR serta hal- hal NEGATIF lainnya,

Komentar yang tidak sesuai dengan konteks artikel pasti akan saya HAPUS!!!!

Terima Kasih,
Happy Blogging