Tuesday, July 9, 2013

Tips Memilih Nama Domain Yang SEO Friendly

Memilih nama domain merupakan salah satu hal terpenting saat kita ingin membuat sebuah blog maupun website, baik untuk keperluan individu maupun korporat. Nama domain itu sendiri sebenarnya adalah identitas Anda di website, dimana pengunjung dan mesin pencari dapat mengidentifikasi sebuah bisnis Anda. Sangat dianjurkan sekali supaya Anda memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan nama domain yang akan Anda pakai untuk blog maupun website Anda.
Sangat fatal sekali akibatnya jika Anda salah memilih nama domain, karena ini akan berakibat pada optimasi SEO blog atau website Anda nantinya. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas beberapa hal yang membuat blog Anda sepi dari pengunjung. Untuk menghasilkan sebuah blog/website yang memiliki pengunjung ribuan juga sangat dipengaruhi oleh pemilihan nama domain.
Dalam pemilihan nama domain dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Keyword On Domain

Keyword On Domain atau biasa disebut juga dengan KOD adalah salah satu tenik memilih domain, dimana nama domain tersebut biasanya berupa keyword yang akan di optimasi. Contoh : www.kulinerbalikpapan.com.
Pemilihan nama domain dengan teknik KOD sangat menguntungkan dan akan mudah sekali menduduki halaman 1 search engine, jika dalam posisi jumlah persaingan yang sama dan dengan optimasi yang sama pula.
Misalnya, setelah saya riset dan mendapatkan kata kunci “ Kuliner Balikpapan”, setelah saya teliti kembali bahwa persaingannya sangan mudah, lalu saya membeli nama domain kulinerbalikpapan.com. Jika persaingannya memang benar- benar mudah, jika blog tersebut ingin di isi dengan artikel asal – asalan tanpa optimasi SEO Onpage dan SEO Offpage, hantya dengan menuliskan title dan deskripsi blognya saja sudah bisa memasuki di halaman 1 mesin pencari. Jika Anda ingin memilih nama domain menggunakan teknik Keyword On Domain, sangat dianjurkan sekali menggunakan domain dengan ekstensi ( .com).
Namun ada beberapa kekurangan jika Anda memakai teknik ini dalam memilih nama domain, yaitu Anda akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan kata kunci diatas 1000 per bulannya. Masalah lainnya jika kita memakai Keyword On Domain adalah kita jadi sangat terbatas dalam membuat artikel di blog. Misalnya kulinerbalikpapan.com , kita sangat terbatas membuat artikel yang berhubungan dengan kuliner yang berada di kota Balikpapan. 
Teknik Keyword On Domain biasanya digunakan oleh blogger yang memiliki dana terbatas dalam mengoptimasi blognya yang biasanya digunakan sebagai blog dummy.


2. Branding Domain 

Untuk teknik dalam memilih nama domain ini adalah kita membuat merk blog kita sendiri.  Misalnya, masagus.com. Salah satu keuntungannya teknik ini adalah, kita bisa membuat artikel tentang apa saja, bahkan artikel tentang “ Kuliner Balikpapan “tadi bisa kita masukan dalam blog dengan teknik domain ini. Tidak menutup kemungkinan juga bisa mengalahkan posisi SERP kulinerbalikpapan.com asalkan dilakukan optimasi terlebih dahulu pada artikel itu. 
      
      Terima kasih sudah berkunjung di artikel tentang tips memilih nama domain yang SEO friendly, semoga artikel ini dapat membantu dalam mengoptimasi SEO blog Anda. Silahkan ajukan pertanyaan Anda jika ada hal yang ingin ditanyakan. 

Terima Kasih,
Semoga Bermanfaat.
Title: Tips Memilih Nama Domain Yang SEO Friendly; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

4 comments:

  1. mkasih sudah share informasinya gan.

    ReplyDelete
  2. Kalo buat blog gratisan apakah ada pengaruhnya gan?

    ReplyDelete
  3. memilih domain tentu perlu ketelitian dan kewaspadaan, salah satunya adalah dengan mengikuti langkah-langkah dari artikel ini. Oya terima kasih atas tipsnya ya sob, salam kenal dari Terwujud.com

    ReplyDelete
  4. sanagt setuju ! karna Kw juga bisa dari domain yang kita pilih :D

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda dibawah ini dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun diharapkan jangan melakukan SPAMMING,hindari komentar yang mengandung unsur SARA, KASAR serta hal- hal NEGATIF lainnya,

Komentar yang tidak sesuai dengan konteks artikel pasti akan saya HAPUS!!!!

Terima Kasih,
Happy Blogging